Foto: Musikkeras

Setelah memantapkan langkah mereka untuk mendalami jenis musik cadas dan agresif, Griffit sukses menorehkan penampilang yang memukau sebagia band pembuka Magnumotion di Cianjur kemarin.Permainan musik metal mereka yang keras berhasil membuat kepala siapapun yang berada di moshpit kala itu mengangguk-angguk. Melihat hal itu, tidak ada salahnya jika kita menyimak satu dua hal mengenai Griffith berikut ini:

Berdiri tahun 2017

Berdiri pada 20 Mei 2017 di Sukabumi, Jawa Barat, unit musik ini berawal dari inisiatif dan keisengan Farmin dan Doni untuk merekam musik mereka secara profesional di studio. Berbekal lirik yang ditulis Doni, mereka pun memutuskan untuk take vocal, yang diisi oleh Farmin. Tak disangka, setelah didengarkan kembali, keduanya sepakat bahwa hasilnya jauh melampaui ekspektasi. Keduanya pun memantapkan langkah ntuk membawa proyek ini ke tahap yang lebih serius. Hingga kini, terbentuklah formasi Griffith yang beranggotakan Farmin (Vokal), Doni (Gitar), Agung (Gitar), Dimas (Bass) dan Bayu (Drum).

Makna nama “Griffith” 

Nama Griffith pun dipilih untuk merepresentasikan unit musik mereka, karena memiliki arti yang merujuk kepada sosok Tuan atau Raja, yang menjadi penentu dan pemberantas ketidakadilan. 

Baru merilis album pertama

Griffith baru melepas album perdana mereka pada tanggal 12 Oktober lalu, di acara Magnumotion, sebagai rangkaian Road To Sukabumi Eundeur 2018. Album tersebut dirilis setahun, setelah single debut yang menjadi trek andalan mereka “Lost In Motion” diluncurkan.

Terinspirasi oleh band metal Swedia 

Musik agresif yang dibarengi dengan teriakan lantang Farmin dan gebukan drum double pedal Bayu, yang menjadi ciri khas Griffith tentunya tak lepas dari pengaruh band-band metal asal Swedia yang menjadi idola mereka dalam bermusik, seperti In Flames. Selain itu, As I Lay Dying dan Pantera juga berpengaruh dalam penentuan warna musik mereka.

-

Kehadiran Griffith di dunia musik Indonesia, menjadi gambaran bahwa genre ini terus bergerak maju di antara tren musik yang berlangsung saat ini. Cari tahu band-band berkarakter lainnya dengan menghadiri Magnumotion di kota-kota selanjutnya. Salam, Mantap Melangkah!